Wednesday 30 July 2008

Membangun Situs Pribadi

Website..... kalau boleh saya artikan suatu tempat/wadah untuk menampilkan sesuatu dalam bentuk multimedia, entah itu tulisan, gambar, suara, video, bahkan suatu aplikasi sekalipun, kepada orang yang mengunjungi website kita tentunya.

Seperti halnya CPU komputer, website juga memerlukan 3 hal penting yang harus ada agar bisa dijalankan.

Yang pertama, pada komputer ada "hardisk" sedangkan di website dinamakan dengan "hosting". Sama-sama sebagai tempat penyimpanan data.

Kedua, setelah hardisk terpasang di CPU tentunya komputer belum dapat dijalankan tanpa adanya operating system, atau kalau pada website dikenal dengan “softwarenya”.

Dan ketiga, hardisk sudah ada, operating system pun READY….. lalu??? di mana kita bisa membuka file-file yang ada di hardisk? Nah.. tentunya harus ada sebuah alamat agar bisa membuka file-file kita. Kalau di windows misalkan, kalau kita membuka windows explorer, pada toolbar address terdapat C:/…….. itu artinya anda membuka sebuah alamat yaitu di partisi C:/ dimana file-file tersebut dapat dibuka. Nah, kalau pada website sering disebut dengan “domain”. Setelah ketiga hal tersebut tercapai, maka website kita sudah dapat kita kelola.

Maaf deskripsi tentang ini belum sampai mendetail karena keterbatasan waktu dan tempat. Kalau menginginkan informasi itu datang dari saya anda bisa hubungi saya lewat YM. Kalau tidak mau informasinya datang dari saya, silahkan cari tutorial yang serupa di jagat cyber. Yang mungkin lebih banyak informasi yang bisa anda dapatkan dari sana.

No comments: